Senin, 17 Januari 2011

Apa sih yang anak anda tonton?


menonton siaran tvMom’s, penting banget loh untuk selalu mendampingi dan mengetahui apa yang si kecil saksikan di televisi. Soalnya televisi dapat meng-expose hal-hal yang tidak boleh disaksikan untuk anak-anak. Seperti tayangan yang berbau kekerasan, drugs, sex dan lain sebagainya. Termasuk iklan yang selalu disajikan untuk menarik perhatian mereka.

Tidak selamanya tayangan yang bertuliskan ‘BO’ alias Bimbingan Orang tua dapat disaksikan oleh anak anak balita kita.
Untuk membantu para orang tua melindungi anak anak dari pengaruh buruk televisi, menurut  American Academy of Pediatrics disarankan untuk tidak membiarkan anak menonton lebih dari 1 sampai 2 jam seharinya. Dan tontonan yang boleh disaksikan benar-benar yang sangat berkualitas.

Apa sih dampak negatif dari terlalu banyak menonton televisi?

  • Sebuah study menyatakan bahwa, terlalu banyak menonton televisi sangat mengganggu kebiasaan dan waktu tidur anak-anak. Anak yang terlalu banyak menonton televisi biasanya mengalami gangguan tidur, tidur lebih malam, dan waktu tidur yang singkat.
  • Penelitian lain menyatakan, terlalu banyak menonton televisi dapat membuat anak-anak untuk menjadi lebih dewasa dan berperilaku aggressive sebelum waktunya.
  • Terlalu banyak menonton televisi juga membuat anak-anak menjadi malas untuk beraktivitas dan membuatnya menjadi kelebihan berat badan.
Sebenarnya tidak usah terlalu banyak penelitian untuk melihat hasil dari menonton sajian acara tivi yang salah. Masih ingat dibenak kita, betapa banyak anak yang terluka dan cedera karena ingin bergaya dan bermain ala acara ‘smack down’. Dari pada terlalu banyak menonton tivi lebih baik si kecil bermain di luar dengan permainan yang penuh aktivitas dan membaca buku untuk merangsang imajinasi positif yang baik untuk perkembangan dirinya.

Memang tidak semua acara televisi itu buruk sih, karena ada juga beberapa acara tivi yang bernilai positif dan mengajarkan anak-anak kita kebiasaan-kebiasaan baik dan sehat, atau mengajarkan anak anak kita untuk menyelesaikan masalah. Acara-acara yang bernilai positif untuk balita anda misalnya Sesame street, Barney and friends, Mister Rogers' Neighborhood, Bob The Builder, Dora the Explorer, Rollie Ollie Pollie, Bear in the big blue House dan acara acara similar lainnya.

Tapi ingat loh, bukan berarti semua tayangan kartun itu bagus untuk anak-anak, dan tentu saja Moms tidak akan membiarkan si kecil menonton tentang tayangan kartun seperti Ed, Edd and Eddy atau yang menyajikan tentang monster-monster yang tidak jelas asal-muasal dan bentuknya.

Yang terpenting adalah selalu proactive dalam membimbing si kecil dan membantunya belajar menentukan mana yang baik dan tidak baik untuknya. Karena hanya anda sebagai orang tua sebagai pelindung dari pengaruh buruk yang bisa merusak mental anak anak kita kelak.
 
Sumber :  
www.keepkidshealthy.com
www.ibudananak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar