Minggu, 02 Januari 2011

Memilih Permainan Anak

Sebelum bermain, pilihlah sarana bermain yang sesuai dengan usia dan kemampuan si anak. Perhatikan pula segi keamanan dan kebersihannya.

Berikut ini permainan yang bisa dipilih:

1. Perosotan
Ada sensasi tersendiri saat anak berada di puncak perosotan dan siap meluncur. Belum lagi merasakan bagaimana tubuhnya serasa melayang saat meluncur ke bawah hingga di ujung perosotan. Saat menaiki tangga, keseimbangan tubuhnya benar-benar diuji. Anak juga belajar bagaimana harus antri sebelum meluncur, bergantian dengan teman-temannya.

2. Ayunan
Anak akan merasakan bagaimana rasanya saat tubuhnya terayun, baik dengan kecepatan tinggi atau rendah. Anak juga belajar mengantisipasi bahaya, misalnya ada yang mengayun dari depan, tentu akan berbahaya bagi si pengayun. Anak juga latihan mengontrol diri, agar tidak terlalu cepat atau terlalu lambat gerakan ayunan.

3. Permainan pasir
Pilihlah pasir yang lembut dan tidak menempel di kulit. Bisa bermain dicampur dengan air, membuat aneka bentuk maianan, sehingga anak tahu perubahan yang terjadi. Tetapi perlu berhati-hati, kadang ada hewan kecil yang suka tinggal di pasir.

4. Stepping & balok keseimbangan
Agar imajinasi anak terangsang, arahkan anak seakan sedang menyeberangi sungai yang deras. Anak perlu keseimbangan agar tidak terjatuh.

5. Mandi bola
Ada rasa tersendiri saat terjun disini, rasanya empuk, beda dengan terjun di kolam renang. Anak bisa juga main lempar-lemparan bola juga mengenal berbagai macam warna.

6. Main air
Dengan bermain air, misalnya dicampur dengan pasir di wadah yang beraneka bentuk dan ukuran, anak akan belajar tentang berat jenis, volume, perubahan bentuk, warna dan lain-lain.

7. Gorong-gorong/terowongan
Saat berada didalamnya anak akan mendapati suasana yang agak gelap, sempit, lebih dingin dan membuat suaranya bergema. Anak akan menerka-nerka apa yang akan ditemui didepan sana, di setiap belokan atau di mulut gorong-gorong. Permainan ini untuk melatihnya mengatasi rasa takut saat menghadapi suasana yang berbeda.

8. Jala/jaring
Saat menapaki jala/jaring, sensasi ketinggian akan didapat anak sebagai salah satu manfaatnya. Manfaat lainnya adalah mengasah ketrampilan motorik, rasa percaya diri, keberanian, maupun keseimbangan dan koordinasi tubuh.

9. Tumpangan bergoyang
Bentuknya bisa bermacam-macam, dari pesawat terbang, tokoh film kartun, mobil, motor, hewan, atau apa saja. Keinginan anak untuk mencoba permainan ini lebih karena ketertarikannya pada aneka bentuk yang ada. Sementara dari segi manfaatnya nyaris tidak ada, selain sensasi saat mainan bergoyang ke kiri dan kanan atau ke depan dan belakang secara teratur.


Sumber : nakita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar