Senin, 07 Februari 2011

Bayi Juga Punya Rasa Humor

bayi tertawa
Dari sejak lahir, seorang anak mulai mengembangkan rasa humor.  Karena itu, sering-seringlah mengasahnya dengan mengajak bayi Anda bermain.  Ingat, tertawa itu sehat bagi si kecil dan bagi Anda, tentunya!

Usia 0 – 6 Bulan
Pada umur 6 mingguan, bayi mulai menunjukkan tanda-tanda sense of humor lewat senyum kecilnya yang membuat hati Anda terasa hangat. 

Menginjak usia 3-4 bulan, tawanya mulai terdengar dan ia juga akan sering tertawa-tawa ketika sedang bermain sendirian. Ia akan terkekeh-kekeh melihat mimik wajah lucu Anda atau mendengar Anda mengeluarkan suara-suara lucu.  Mengayun-ayunkan si kecil di atas lutut Anda atau menggelitikinya, akan membuat anak Anda tertawa lepas. Anda juga akan mendengarnya tertawa kecil ketika Anda ciumi perutnya dengan lembut.

Usia 6 – 12 Bulan
Masuk usia 7 bulan, bayi Anda mulai mengembangkan rasa humor yang sesungguhnya.  Ia telah mulai memahami rutinitas dan membedakan mana hal-hal yang menurutnya ‘normal’, mana yang tidak.  Lelucon dengan gerakan-gerakan slapstick dimatanya terlihat sangat lucu.  Ia juga sangat senang menirukan reaksi Anda dan turut merasakan suasana riang yang ada di sekitarnya.  Contohnya, ia bisa ikut tertawa-tawa bila melihat Anda dan orang yang ada di sekelilingnya tertawa.  Salah satu permainan favoritnya adalah cilukba.  Dan ia juga mulai senang menggoda Anda, seperti pura-pura menyorongkan mainannya ke tangan Anda tapi lalu menariknya lagi, atau bolak-balik menjatuhkan botol/ gelasnya hanya untuk melihat reaksi Anda.  Sering-seringlah tertawa bersama si kecil, Anda akan surprise melihat pengaruhnya terhadap suasana hati Anda!

Usia 12 – 18 Bulan
Karena Ia sudah semakin lincah bergerak, bahkan mungkin telah lancar berjalan dan berlari-lari, Ia mulai ambil bagian dalam lelucon yang melibatkan gerakan fisik.  Ia bisa tertawa terkekeh-kekeh bila Anda pura-pura mengejarnya, lalu menggelitik perutnya begitu ia Anda tangkap.  Saat ini Ia yang akan aktif mengajak Anda bermain cilukba.  Ia juga sangat senang menirukan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh Tinky-winky, Dipsy, Lala atau Po ketika menonton Teletubbies.  Anak-anak belajar dari menirukan apa yang ia lihat.  Jalan mondar-mandir dengan memakai sepatu Anda atau ayahnya, buat dia sangat menyenangkan.  Atau, suatu hari akan Anda tergeli-geli, sekaligus heran, melihat aksinya’menelepon’.  Tapi, menumpahkan isi piring makannya ke lantai jelas bukan hal yang lucu.

Usia 18 Bulan Ke Atas
Bersamaan dengan berkembangnya kemampuan si kecil berkomunikasi, Ia akan mulai memahami lelucon yang bersifat verbal.  Di usia ini Anda juga akan melihat bahwa hal-hal yang dimata batita Anda sangat lucu, sama sekali tidak membuat sepupunya (yang seusia dengannya) tersenyum.  Artinya, di usia ini seorang anak mulai memiliki rasa humor yang bersifat personal.  Manfaatkan sebanyak mungkin kesempatan untuk dapat tertawa bersama si kecil, karena itu juga akan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Sumber:
ibudananak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar